18 Desember 2008

tips makan di Resto mahal

Kemarin, saya ditawari makan di salah satu restoran steam boat mahal di Senayan City dengan sumbangan voucer dari teman. Karena penasaran dan bosan dengan makanan di sekitar kos, akhirnya saya pun berangkat kesana, sekalian pengen menengok dekorasi natal di Senayan City. Dengan berbekal voucer dan uang seadanya, saya dan teman saya pun berangkat menuju medan laga dengan menggunakan busway.

Sesampainya di sana, kami yang kelaparan langsung menuju ke resto itu. Untungnya kami diterima dengan baik, meskipun penampilan kami amat ‘ ala kadarnya. Pasalnya, rata-rata yang datang ke Senci itu pada necis semua. Baju bermerk, sepatu dan tas mahal menyertai mereka. Sementara kami, baju lusuh nggak genah, tas buatan bandung, bahkan, temen saya pake sandal jepit bututnya, yang sering dipake tikus nyingnying buat toilet training, hehehe…. Tapi, whatever lah… yang penting bisa bayar ini!

Finally, kami pun order. Hebat bener resto ini, everything is free… lha wong ga ada price listnya. Saya juga sempet bingung… gimana bisa menerka-nerka anggaran pengeluaran kalau begini caranya? Masak harus ditanya satu-satu, tampak semakin ndeso kami nanti. Akhirnya, meraba-raba saja lah… toh kalau pesan yang nggak aneh-aneh pasti jatuhnya juga ga mahal.

Tahu isi ayam, bakso ikan, nasi putih, dan paketan sayur sawi+bihun jadi pilihan kami malam ini untuk menemani kuah steam boat. Minumnya, saya order jeruk anget saja. Intinya kami makan dengan lauk seadanya. Alhasil, perut saya pun kembung gara-gara kebanyakan kuah steam boat.

Saat yang paling mendebarkan pun tiba. Sibuk mereka-reka, kira-kira pesanan kami ini seharga berapa. Bill pun datang. Dan berikut rating price dari yang paling mahal sampai yang murah (meskipun tetap mahal, huaaaaa!!!!)

1.              Paket sayuran (unbelievable! Beberapa batang sawi hijau dan sawi putih, ditambah 2 potong wortel dan bihun satu mangkuk kecil dihargai setara dengan 2 kali makan siang saya di kantor. Itupun kalau saya order es oyen. Bisa kebayang kan mahalnya?)

2.              jeruk anget (ini bikin saya gondok abis! Mending kalau rasanya enak! Saya bisa dapat 10 gelas jeruk anget yang lebih enak kalau beli di warteg! It’s very not recommended!!!!)

3.              etc….

 

Buat teman-teman yang ingin makan di resto mahal:

  1. pastikan ada bala bantuan yang bisa dimanfaatkan, misalnya voucer, potongan kartu kredit, dll, yang bisa membantu menekan pengeluaran kita
  2. makanan yang kelihatan murah, belum tentu harganya murah juga. Jadi, lebih baik survey dulu pada orang yang pernah makan di sana, atau sering baca kuliner di majalah. Biasanya mereka mencantumkan kisaran harganya, kok.
  3. Ini yang paling penting. Biasanya resto mahal itu mematok harga yang tinggi untuk beverage, jadi kita harus berhati-hati. Paling aman, pesen minuman paling umum, yaitu teh anget! Air mineral juga masih bisa ditolerir meskipun biasanya harganya bisa naik 5-6 kali lipat.
  4. Last, but not least… tunggu ada yang berbaik hati mentraktir kita saja lah, daripada coba-coba sendiri. Lebih banyak nyeselnya daripada puasnya. Kecuali kalau emang penasaran banget atau lagi ngidam, hehehe…

 

Semoga berhasil dengan acara makan-makannya, ya :)

 

 

 

           

 

Tidak ada komentar: